370 Meninggal Dunia & 39 Hilang Akibat Bencana Alam Sepanjang Tahun 2020

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada sebanyak 2.946 bencana alam yang terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2020. Bencana alam banjir sebanyak 1.075 kejadian, disusul 880 bencana puting beliung, 576 tanah longsor, 326 kebakaran hutan dan lahan, 36 gelombang pasang dan abrasi, 29 kekeringan, 16 gempa bumi dan 7 erupsi gunung api. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Dr. Raditya Jati melalui keterangan tertulis, Sabtu (2/1/2021).

"Di samping dampak kerusakan fisik, sejumlah bencana mengakibatkan jatuhnya korban meninggal maupun warga terdampak," kata dia. "Bencana alam sepanjang 2020 mengakibatkan korban luka luka 536 jiwa, meninggal dunia 370 jiwa dan hilang 39," sambung Raditya. Serangkaian bencana alam yang terjadi juga menyebabkan lebih dari enam juta warga menderita dan mengungsi.

Peristiwa sepanjang 2020, kata Raditya, harus menjadi pembelajaran bagi masyarakat Indonesia. Upaya pencegahan dan kesiapsiagaan sangat dibutuhkan dalam pengurangan risiko bencana (PRB). "BNPB berharap sinergi multipihak atau pentaheliks dapat terus ditingkatkan, yaitu pihak pemerintah, akademisi atau pakar, masyarakat, dunia usaha dan media massa," kata dia.

"Pada akhirnya dengan sinergi yang terus menerus dan langkah konkret setiap heliks pada PRB dapat berdampak pada resiliensi masyarakat Indonesia dalam menghadapi bencana," pungkas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *