3 Jenis Investasi Aman dan Menguntungkan bagi Pemula

Dewasa ini, investasi menjadi gaya hidup yang perlu dilakukan. Dengan berinvestasi sejak dini dan rutin, kita dapat melindungi nilai aset untuk masa depan. Dengan mengalokasikan sebagian kecil harta kekayaan lewat investasi, hal itu akan membantu memenuhi kebutuhan kita di masa mendatang.

Terdapat beberapa jenis investasi mulai 100 ribu populer yang banyak diminati, sebut saja investasi properti dengan membeli tanah, membeli apartemen atau rumah.  Jenis investasi ini dapat mendatangkan keuntungan yang sangat menjanjikan di masa depan.

Sebagai contoh apabila Anda membeli rumah di Jakarta dengan lokasi yang strategis, maka dalam waktu 5 tahun harga jual rumah itu akan naik dan semakin tinggi.

Pentingnya berinvestasi pun tidak serta-merta untuk mendapatkan keuntungan finansial saja.  Dengan berinvestasi, kita dapat meningkatkan manajemen diri dalam mengelola keuangan dengan baik.

Jika Anda ingin berinvestasi, berikut 4 jenis investasi 100 ribu aman dan menguntungkan yang dapat dicoba oleh pemula. Simak selengkapnya.

  • Deposito

Jika ingin belajar investasi yang aman dan menguntungkan, deposito menjadi salah satu jenis investasi yang bisa dicoba terlebih dahulu. Deposito dapat dijadikan instrumen investasi jangka pendek, jenis investasi ini pun sangat mudah dipahami dari sisi sistem kerjanya.

Cara kerja deposito adalah nasabah bank akan menyimpan uang dalam bentuk tabungan deposito yang bisa disesuaikan jangka waktu penyimpanannya. Jangka waktu yang ditawarkan biasanya berkisar dari 1 bulan, 3 bulan, 12 bulan hingga 24 bulan.

Umumnya, bunga yang dikenakan bank untuk jenis investasi deposito berkisar dari 2% hingga yang paling tinggi 5%. Suku bunga ini pun dapat berubah-ubah karena mengikuti suku bunga acuan Bank Indonesia. Perlu diingat, untuk investasi deposito Anda harus membayar pajak yang sudah ditetapkan.

  • Reksa dana

Siapa yang tidak mengetahui reksa dana? Ya, reksa dana adalah jenis investasi dengan mengumpulkan dana dari investor yang nantinya akan dikelola oleh manajer investasi. Jenis investasi ini cukup aman dan terbilang menguntungkan. Cara kerja investasi reksa dana pun dinilai cukup mudah untuk dipelajari.

Sudah banyak perusahaan yang menawarkan investasi berupa reksa dana, bahkan dengan jumlah minimum investasi yang murah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak mengaplikasikan jenis investasi ini terutama bagi pemula, yakni:

  • Menentukan tujuan investasi
  • Mengenali risiko profil
  • Menentukan jangka waktu investasi
  • Mencari manajer investasi terpercaya
  • Memeriksa berbagai biaya-biaya reksa dana yang dibutuhkan
  • Melakukan pemeriksaan pencarian dana investasi

Investasi reksa dana aman dilakukan apabila kita memiliki manajer investasi yang bertanggung jawab untuk mengelola portofolio pribadi. Selain itu, aktivitas reksa dana terbilang lebih terjamin karena sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  • Peer to Peer (P2P Lending)

Investasi crowdfunding Indonesia Peer to Peer (P2P) Lending adalah jenis investasi berjangka pendek yang banyak dijadikan opsi oleh masyarakat. Lalu bagaimana cara kerja P2P? Peer Lending biasanya dilakukan secara online melalui platform website perusahaan. 

Jenis investasi ini memungkinkan kita untuk memberi atau mengajukan pinjaman satu sama lain tanpa menggunakan jasa dari bank. Peer to Peer (P2P) Lending diwadahi oleh perusahaan khusus. Berdasarkan jenis peminjamnya, investasi ini dibagi dua yaitu P2P konsumtif dan P2P lending produktif.

Jika Anda hendak melakukan investasi Peer to Peer (P2P) Lending, ketahui seluruh informasinya secara lengkap melalui perusahaan terpercaya. Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa menelusuri laman resmi perusahaan lalu mengecek background mereka secara saksama.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya! Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *