Dua Unit Seabin Penghisap Sampah Dipasang di Marina Sunda Kelapa

Sebanyak dua unit seabin dipasang di Batavia Marina Sunda Kelapa, Jakarta untuk menyaring sampah di laut. Pemasangan penyaring sampah ini merupakan bagian dari Gerakan AyoBersihkanLaut yang diinisiasi PT. Citra Surya Komunikasi (d.b.a Chuosenko Indonesia) bersama Asiatique Yacht Supplies Private Limited dalam upaya melaksanakan program SDGs (Sustainable Development Goals) di Indonesia pada 25 Februari 2021 silam. Proyek ini adalah yang pertama yang dijalankan di Indonesia.

Presiden Direktur PT Citra Surya Komunikasi, Mr. Takeshi Hompo menjelaskan bahwa pencemaran menjadi hal yang tidak kondusif untuk keberlangsungan kehidupan, tidak hanya untuk manusia tetapi juga makhluk hidup lainnya. “Inisiatif ini merupakan salah satu trobosan dalam penanganan sampah, agar tidak terjadi bencana ekologi di masa mendatang,” ujarnya, seraya berharap bahwa kesadaran menjaga lingkungan dapat dilakukan bersama agar kehidupan ekologi tetap terjaga. Dilansir national geographic grid.id, Seabin, sebuah perangkat pembersih laut yang begitu sederhana dan efektif.

Sistem penyaringan air pada Seabin sangat mirip dengan filter air di tangki ikan peliharaan, tetapi didesain untuk membersihkan seluruh laut. Seabin dapat diinstal pada setiap dermaga apung dan dirancang untuk menyedot setiap sampah atau minyak yang mengambang di sekitar dermaga. Konsep ini sederhana: sebuah ember dihubungkan dengan pompa air, kemudian ia menghisap sampah yang mengambang di laut ke dalam kantong jala yang dapat dilepas.

Pada Seabin juga terdapat sistem pemisah air dan minyak yang sifatnya opsional di dalam pompa. Hal ini dapat menghilangkan minyak dan deterjen dari air laut sebelum mengalirkan air telah bebas polusi itu kembali ke laut melalui sisi lain pompa. Adapun tujuan projek ini adalah untuk membersihkan Laut di Indonesia dan juga Perairannya. Projek Seabin ini sendiri menerima bantuan dari pihak manapun yang ingin ikut serta dalam mewujudkan Laut dan Perairan Indonesia yang bersih dan bebas sampah. Bantuan tersebut di terima melalui situs penggalangan dana di kitabisa.com oleh akun AyoBersihkanLaut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *