Deretan Rekor Buruk Liverpool Seusai Dibungkam Burnley di Anfield

Alih alih mampu memperkecil jarak dari Manchester United di puncak klasemen sementara Liga Inggris, Liverpool justru harus meratapi nasib tragis. Menjamu Burnley pada pekan ke 19 Liga Inggris 20202 2021 di Stadion Anfield pada Jumat (22/1/2021) Liverpool dipaksa gigit jari. Di bawah komando Juergen Klopp, Liverpool menyerah dari Burnley dengan skor tipis 0 1 meski mendominasi penguasaan bola selama pertandingan.

Hasil ini membawa Liverpool semakin jauh dari Manchester United di puncak klasemen dengan selisih enam poin, The Reds tertahan di posisi keempat. Kekalahan dari Burnley sekaligus membawa Liverpool di Stadion Anfield menorehkan sejumlah rekor buruk, berikut di antaranya. Kesucian Anfield dari kekalahan terenggut, Liverpool gagal melampaui prestasi tak terkalahkan Chelsea di Stamford Bridge.

Dilansir BolaStylo.com dari William Hill, Chelsea tak terkalahkan dalam 86 pertandingan kandang di Liga Inggris selama periode 2004 2008. Sementara itu, selama periode 2017 2021 Liverpool baru bisa tak terkalahkan di Anfield sebanyak 68 pertandingan. Catatan ini lebih baik dari torehan Liverpool di periode 1978 1980 dengan 63 pertandingan tak terkalahkan.

Liverpool telah dua kali gagal mencetak gol di Liga Inggris tahun ini, ke gawang Southampton (dengan skor 0 1) dan Manchester United (0 0). Dilansir dari Sportbible, perolehan gol Liverpool pada tahun ini kalah dari Marko Dmitrovic yang merupakan seorang kiper. Dmitrovic tercatat telah mengemas 1 gol pada 2021, gol itu tercipta dalam laga Eibar versus Atletico Madrid di Liga Spanyol, Jumat (22/1/2021).

Dilansir BolaStylo.com dari Opta Joe, Liverpool tercatat telah gagal mencetak gol dalam 4 laga terakhir di Liga Inggris musim ini. Sebelum Burnley, Liverpool gagal mengemas gol kala bertemu Newcastle (0 0), Southampton (0 1), dan Manchester United (0 0). Raihan ini mengulangi catatan bobrok yang kali terakhir mereka lakukan pada periode April hingga Mei tahun 2000.

Sekitar 21 tahun lalu, Liverpool juga gagal mendulang gol dalam 4 partai di kompetisi teratas Negeri Ratu Elizabeth II. Torehan ini dicatatkan The Reds saat melawan Everton (0 0), Aston Villa (0 0), Chelsea (0 2), dan Southampton (0 0). Dilansir dari Transfermarkt, kekalahan pertama Liverpool di partai kandang liga kontra Burnley terjadi pada 25 September 1974.

Dengan skor yang sama sekitar 47 tahun yang lalu, Burnley mempermalukan Liverpool di depan para Kopites di Stadion Anfield. Satu satunya gol pada pertandingan tersebut dicetak oleh Ian Brennan. Kala itu, kejuaraan masih bernama English First Division, kompetisi kasta teratas Negeri Ratu Elizabeth II sebelum era Premier League.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *